Sabtu, 06 Oktober 2012

Riset Operasional (OR 1)


A. Pengertian Riset Operasional

Riset operasional adalah Sekumpulan cara / metode analisis yang digunakan untuk mengelola sumber daya perusahaan yang terbatas agar hasil yang optimal didapat perusahaan.
OR juga dapat digunakan untuk memaksimalkan sesuatu yang diinginkan (seperti hasil produksi, penjualan, keuntungan, dll.) dan dapat juga digunakan untuk meminimumkan sesuatu yang tidak diinginkan oleh perusahaan (seperti kecelakaan kerja, kerugian, produk cacat, dll).

B. Sejarah Munculnya OR
Perang dunia 2 Berlangsung -> Pembentukan Kelompok Formal OR Inggris (1939) Oleh G. A. Robert dan DR. E. C. William dalam usaha mengembangkan system komunikasi -> Amerika mengikuti dengan US NAVY  Mengembangkan cara untuk memenangkan perang melawan Jepang -> Perang Dunia selesai. -> OR diterapkan untuk memecahkan masalah managerial dan operasional. Metode yang terkenal yaitu Linier Programing yang dikenalkan oleh George Dantzig (Bapak Linier Programing). -> OR berkembang hingga ke Statistika Pengendalian Mutu, Pemrograman Dinamis, Analisis Qeueue dan pengendalian Persediaan, Pemrograman Geometris, Simulasi, dan Goal Programming.

C. Asumsi Dasar OR
 Ada 4 asumsi dasar dalam linear programming, yaitu :
- Proportionality -> naik turunnya nilai z (tujuan)dan pengguanaan sumber daya berubah secara sebandingdengan perubahan tingkat kegiatan
- Additivity -> nilai tujuan setiap kegiatan tidak saling mempengaruhi
- Divisibility -> output yang dihasilkan dari setiap kegiatan dapat berupa bilangan pecehan
- Deterministic -> semua parameter yang terdapat dalam linear progamming dapat diperkirakan dengan pasti

D. Metode-metode yang ada di Linear Progamming
- Grafik
- Simplek
- Dualitas

E. Pengertian Metode Simplek

Metode Simpleks merupakan suatu algoritma yang digunakan untuk pemecahan berbagai masalah linier rogramming (LP). Pemecahan masalah dengan menggunakan metode ini sangat mengguntungkan bagi pengguna karena tidak hanya fungsi tujuan dan nilai optimum dari variable dapat kita ketahui tapi kita juga dapat memberikan interpretasi ekonomi dan melakukan analisis sensitivitas.
F. Komponen Dalam Simplek
- Variabel keputusan
- Fungsi tujuan
- Kendala

Tidak ada komentar:

Posting Komentar